Pernyataan Republik Vanuatu Untuk Pelanggaran HAM West Papua Di Sesi 32 Dewan Hak Asasi Manusia PBB Di Janewa.

image

Terima Kasih Pak Presiden,

Delegasi saya mengaitkan dirinya dengan pernyataan yang dibuat oleh Kepulauan Solomon.

Vanuatu ingin menyampaikan kepada Dewan, keprihatinan kami yang terdalam pada situasi hak asasi manusia yang memburuk di Papua Barat. Kami terus menerima laporan peningkatan pelanggaran HAM berat di Papua Barat.

Dalam beberapa bulan terakhir lebih dari seribu orang Papua Barat ditangkap oleh polisi Indonesia untuk berpartisipasi dalam demonstrasi damai. Ini bertentangan dengan tanggung jawab untuk melindungi dan memfasilitasi protes yang mengadvokasi pandangan politik dan budaya yang berbeda dari, dan bahkan menentang, mereka didukung oleh Pemerintah.

Sambil kami mengakui dan menyambut Laporan Pelapor Khusus tentang hak kebebasan dan berserikat, yang memberi contoh Papua Barat hak yang kebebasan berkumpul dan asosiasi dibatasi oleh Pemerintah Indonesia, Vanuatu ingin memanggil Orang Memiliki hak Dewan untuk melakukan ini lebih.

Kami menyerukan kepada Dewan untuk bekerja dengan Pemerintah Indonesia untuk memungkinkan Pelapor Khusus PBB tentang Kebebasan Berekspresi untuk mengunjungi Papua Barat untuk mendapatkan pandangan obyektif dan independen dari situasi di lapangan di wilayah itu.

Kami juga meminta Pemerintah Indonesia untuk memungkinkan akses bebas dan penuh jurnalis internasional untuk Papua Barat dan memungkinkan misi hak asasi manusia dan pencari fakta oleh Forum Kepulauan Pasifik.

Terima kasih Bapak Presiden

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s